Wednesday, December 28, 2011

Hantu Lantai 17

Siapa bilang hantu hanya ada di Indonesia ? hikz..bagi yang bernyali kecil,harap jangan baca tulisan ku ini.Pasalnya,ini kisah sangat seram dan ternyata,kota metropolis seperti Hong Kong masih juga tak luput dari paradigma ini,bahkan di HK ada yang disebut hari hantu lho ! Hari dimana warga biasanya masuk ke rumah masing-masing sebelum jam 10 malam,padahal biasanya hingga 'mid-night'masih ramai.Jalanan akan sepi senyap,dan di daerah pemukiman kampung atau biasa disebut"new teritories/NT".Anda akan melihat banyak sesajen yang dihidangkan di pinggir jalan,berupa kue bakpao warna oren,dupa yang mengeluarkan aroma mistis dan berasap,serta beberapa sanak famili yang membakar uang palsu,konon mereka melakukan ritual itu bagi para hantu,entah masih ada hubungan saudara mungkin.Yang jelas,keberadaan dunia lain di HK masih sangat diakui,mungkin itu sebabnya sering memproduksi film-film pampir yang sering kita tonton hihiiiii...

Kisah ini pernah dimuat di media cetak HK-Hantu Lantai 17
Sudah menjadi bagian dari gaya hidup warga HK,yang berinvestasi dalam bentuk rumah/apartemen.Jika harganya naik mereka akan menjualnya,atau kadang menyewa rumah yang lebih murah,kemudian membeli yang lebih bagus jika sudah cukup uang.Ini gambaran alasan kenapa sering ada warga yang pindah rumah,bahkan kawan kerja ku pernah pindah rumah 5 kali selama kerja di boss yang sama,seru kan ? bikin tulang patah-patah.

Hal serupa juga dialami oleh sebut saja namanya Niken.Dia sudah bekerja sekitar 2 tahun pada keluarga keturunan China,bermarga" Choi" .Sesaat sebelum habis kontrak kerja,sang boss ingin berpindah rumah lagi,hingga genap 4 kali hal serupa ini menimpa Niken dalam kurun waktu 2 tahun masa kerjanya.Karena sudah lelah,Niken hanya mengiyakan,meskipun tempat yang baru itu termasuk daerah sepi,dekat kuil kecil di sudut daerah NT.Mungkin si boss ingin menghemat pengeluaran,disamping mendapat untung dari rumah lama yang mereka sewakan pada orang lain.

Bathin Niken,hanya pasrah saja,dan ingin cepat melewati masa pindah rumah,kemudian pindah boss.Beda dengan perkiraan Niken,kali ini si boss lumayan baik tidak menyuruhnya ngangkut barang dengan menggunakan sepeda lagi.Semua barang diangkut oleh mobil yang sudah mereka sewa.Hari seakan cepat berlalu,malam kini menyelimuti.Tanpa mereka sadari,itu adalah hari hantu.Hanya Niken yang ingat,karena dia melihat banyak warga yang melakukan ritual di pinggir jalan dengan sesajen lengkap.Malam kian gelap,senyap.Namun jam masih menunjukan pukul 9 malam.Niken bertanya pada boss perempuannya.
"Dhai-dhai..otei pun hoi kei to lau'a ?/nyonya kita pindah ke lantai berapa?"
"Yisap lau..faiti lo ce,pong sau cap ye/lantai 20,cepat turun mobil,bantu rapikan barang"jawab sang boss.

Niken menatap dari lantai dasar,dia perkirakan letak lantai 20 seperti yang ditunjukan sang boss.Ternyata itu lantai tertinggi dari apartemen yang mereka tempati.Tanpa rasa curiga,Niken mengekor di belakang si boss,dan masuk ke rumah baru yang masih berantakan belum tertata rapi.


"Kemyat moye sik,emkoi pong ngo mai fan..hai podao kaklei/hari ini tidak ada makanan,tolong saya beli nasi di toko sebelah"Si boss menyuruh Niken.
Setelah mengambil kunci dan uang,Niken segera berangkat untuk membeli nasi di toko yang sempat boss nya tunjukan sebelum masuk gedung apartemen tadi.Niken menekan tombol' lift-down'.Pintu lift terbuka,dengan cahaya lampu yang tak begitu terang,tapi Niken tak menaruh rasa takut karena itu biasa jika di apartemen yang tak begitu mewah.


lift terus meluncur,namun berhenti saat menunjukan lantai 17.Niken kaget,dan pintu lift terkuba otomatis.Namun tidak ada seorangpun menunggu dan masuk ke dalam lift.Lantai 17 itu gelap tanpa lampu sedikitpun,Niken mulai takut,dan secepat kilat menekan tombol'close'.Hingga tiba di toko yang dia tuju,Niken berkenalan dengan pekerja dari daerahnya juga,yang kebetulan sudah 3 tahun tinggal di situ.
"Kamu tinggal di blok ini ?lantai berapa?"
"Iya mbak..boss ku baru pindah kesini,lantai 20"jawab Niken.

"Oh..baguslah,kirain lantai 17 sudah laku,lama banget tuh gelap kaya gitu,kata satpam flat itu ga dihuni"lanjut sang teman.
"Kenapa gitu mbak? tadi lift yang aku naiki stop dilantai 17,tapi gelap dan ga ada orang yang masuk,aneh deh "Niken tampak pucat.
"Aku juga ga tau,tapi kata orang sih,dulu ada keuarga tinggal disitu,tapi dirampok,dibunuh dan hingga sekarang polisi belum menemukan pelakunya,konon sering terdengar suara tangis loh..kalau malam"si teman menutup obrolannya sambil pamit pulang ke blok sebelah.

Niken mematung,kembali memandang lantai 17 dari bawah.Gelap.Karena rasa takutnya,dia meminta agar boss nya turun membantunya membawa makanan yang tak bisa dia dia bawa senriri.Jelas hanya alasan karena Niken takut.

Setelah melihat si boss menunggu di pintu lobi,Niken bergegas masuk dan memberikan satu kantong makanan yang dia beli.Mereka manuju pintu lift dan menekan tombol lantai 20.Niken takut sendiri,karena mungkin sang boss tak mengalami atau mengetahui kisah yang dia tahu barusan,bulu kuduknya riang bergoyang.Dan....


Stop...!
Lift mendadak berhenti lagi di lantai 17,Niken memegang erat tangan si boss perempuanya yang tampak bingung,pintu lift terbuka,namun tak seperti kejadian saat Niken turun tadi.Kini ada seorang wanita muda yang berwajah putih biru,pucat.Menunduk dan bicara agak pelan penuh duka...
"Pong ngo...pong ngoooo..ho tung...hooo tung/tolong aku..tolong akuuu...sakit..sakiiit"ujar sang wanita wajah putih biru.


Niken tak sanggup menjerit namun tak juga dia pingsan,ingin rasanya menekan tombol 'close'tapi tubuh Niken lemas.Hanya si boss perempuan yang masih dalam kesadaran penuh,melakukanya sebelum tubuh itu masuk ke dalam lift.

Misteri itu ada,bukan karena rekayasa.Tapi karena ada sesuatu yang belum diselesaikan.Makanya kawan jangan menggantung segala hal pada ketidakjelasan,hidup memang kadang tak adil,pahit dan pilu.Tapi kita masih punya kesempatan untuk berbuat baik.Hantu itu ada,seperti adanya kekusaan Tuhan,Mereka tak diterima langit dan tak juga diterima bumi.Hidup dan matinya tak sempurna.Aku tak pandai dunia mistik,aku disini hanya ingin mengajak kawan merenung,jangan sia-siakan kemulian yang sudah Tuhan anugrahkan pada kita,sebagai manusia.Manusia itu mahluk Tuhan yang dimuliakan-Nya,bahkan saat Adam diciptakan dari tanah,kemudian Tuhan meniupkan roh kedalamnya.Semua mahluk dan malaikat,Tuhan perintahkan untuk bersujud pada Adam,kecuali iblis yang menolak !


Kamu dan aku bukan hantu,boleh jadi kita tokoh Niken yang sangat paranoid dengan hantu.Dengan ini sempurnakanlah hidupmu,sebelum matimu.Kematian itu datangnya tak bisa dipercepat dan tak bisa pula diperlambat !


*Mari berusaha jadi manusia yang benar-benar manusia

No comments:

Post a Comment