Thursday, December 29, 2011

Masjid di Hong Kong

MASJID TSIM TSA TSUI

Islamic Centre Kowloon atau lebih dikenal dengan nama Masjid Tsim Tsa Tsui (TST) adalah salah satu tempat ibadah umat Islam sekaligus pusat syi’ar Islam di Hong Kong. Ia berdiri megah di antara hiruk-pikuk metropolitan negeri beton yang berpenduduk mayoritas non-Muslim, di 105 Nathan Road, Tsim Tsa Tsui, Kowloon, Hong Kong (MTR Exit A1).

Saat ini Masjid TST dipimpin seorang Muslim asal Pakistan, Dr. Muhammad Anwarul Haq yang akrab disapa “Brother Haq”. Ia berkantor di lantai dasar Masjid TST. Tiap hari Minggu, jamaah yang mempunyai kepentingan bisa menemuinya sekitar jam 11 siang hingga menjelang dzuhur.

Masjid TST memiliki banyak relawan (volunteer) yang kebanyakan laki-laki (Muslim asal Pakistan). Mereka bertugas menjaga masjid, kelangsungan kegiatan, pengajian, juga kebersihanya.

Masjid TST terdiri atas tiga lantai dengan ruang aula yang luas. Lantai dasar digunakan untuk melaksanakan shalat dan mengaji bagi jamaah laki-laki, namun sering juga digunakan untuk kegiatan organisasi Islam Buruh Migran Indonesia Hong Kong (BMI HK).

BMI HK biasa menggelar pengajian dan tagblig akbar di masjid ini, namun harus mengurus izin dulu dengan koordinator masjid.

Lantai dua diperuntukan bagi jamaah perempuan yang terbagi atas tiga ruangan. Ruang pertama dan kedua sebelah kanan masjid biasanya digunakan jamaah dari kalangan BMI HK yang mengisi hari libur untuk beribadah dan menuntut ilmu agama. Ruang ketiga sebelah kiri digunakan para Muslimah Hong Kong –biasanya kelas pengajian bagi anak-anak.

Lantai tiga merupakan aula lepas tempat kubah masjid terukir megah, biasanya diguanakan sebagai tempat shalat.

Masjid TST adalah lembaga yang didirikan komunitas Muslim di Hong Kong. Masjid ini dibangun oleh Muslim Hong Kong bulan Sya’ban 1404 Hijriyah.

Pada perkembanganya, Masjid TST menjadi simbol berkembangnya syiar Islam di Hong Kong. Di sinilah tempat berjalannya ibadah dan kegiatan keagamaan baik dari warga Muslim HK sendiri maupun pekerja migran, termasuk dari Indonesia.

Masjid juga biasa digunakan tempat akad nikah. Jamaah yang ingin melaksanakan akad nikah secara syariat Islam diharuskan membawa surat izin menikah dari Departemen Nikah (Marrige Department), dua saksi (harus laki-laki atau dua perempuan untuk mengganti satu laki-laki), dengan biaya akad nikah sekitar HKD 500.

Keberadaan Masjid TST sangat membantu BMI HK untuk beribadah, utamanya jika hari libur, karena letaknya yang strategis –dekat dengan lokasi transportasi (MTR/bus), tempat kegiatan belajar/lest(YMCA), tempat rekreasi (Star Ferry, Museum), dan pusat makanan (restoran “halal food”).

Masjid ini juga sangat membantu Muslim HK lain yang terdiri bari banyak etnis dan kewarganegaraan, di antaranya Cina, Indonesia, Filipina, Bangladesh, Pakistan, Inggris, dan Prancis.
Pihak masjid menguasai beberapa bahasa sehingga dapat memudahkan komunikasi dengan jamaah, termasuk para mualaf yang masih dalam taraf belajar dan butuh bimbingan.

Manajemen Masjid TST dapat dihubungi via hotline 27240095, fax. 27242661, dan e-mail: kowloonmosque@gmail.com.

***
MASJID JAMIA-CENRTAL

Jamia Mosque atau Masjid Jamia merupakan satu dari lima masjid yang resmi berdiri di bawah naungan The Incorporated Trustees or the Islamic Community Fund of Hong Kong (The Trustees).Terletak di 1-8 Rednaxela Terrace, Mid-Level Cental Hong Kong, yaitu daerah ketinggian di jantung kota negeri beton searah dengan The Peak HK, masjid dengan corak warna hijau muda ini berdiri sangat megah, luas, dan indah di antara gedung pencakar langit.

Masjid Jami resmi dibangun ulang pada 15 Agustus 1915 oleh HMH. Essack Elias of Bombay Foundatioan Laid yang dipimpin seorang muslim asal India bernama Nakoda Sulaeman Curimahomed A. Abdoolrahim.
Berbeda dengan masjid lainya, Masjid Jami lebih terkesan seperti bangunan masjid di Indonesia. Ukurannya sangat luas, kubah masjid tinggi dan megah, serta terdiri hanya satu lantai. Lokalisasi masjid yang terpencil dari hiruk-pikuk metropolis HK,menjadikan suasana masjid yang sangat damai, sejuk, dan asri.

Jika dari MTR (Mass Train Railway) Central HK, bisa memilih Exit D2 kemudian belok kanan lurus hingga terlihat eskalator panjang, atau bisa melihat panah arah penunjuk jalan ikuti saja hingga puncak/penghabisan eskalator yang searah dengan Mid-Levels juga Dr Sun Yat -Sen Museum. Letak masjid berada di sebelah kiri, dengan pintu gerbang bertulisan Arab dan kapital “JAMIA MOSQUE”.

Tidak banyak kegiatan yang nampak dilakukan di dalam masjid, kecuali saat waktu shalat tiba saja. Masjid ini terkesan sepi karena jamaah hanya warga muslim yang tinggal di sekitar masjid . Tidak ada pengajian akbar maupun kesibukan yang tampak, baik dilakukan oleh para relawan maupun muslim Buruh Migran Indoneisa (BMI)HK.

“Tidak ada kegiatan spesial, selain sholat berjamaah, atau mengajar ngaji anak yang tinggal di sekitar masjid. Mungkin karena letaknya yang jauh, jamaah hanya sedikit ,” ujar Zaman, imam Masjid Jamia asal Pakistan.
“Tidak ada program apa pun dan saya sebagai imam masjid hanya bertugas memimpin sholat berjamaah dan mengajar ngaji jika ada anak yang mau belajar”.

Ada beberapa warga muslim yang tinggal di sekitar masjid. Merekalah jamaah masjid yang terhitung sedikit, bahkan hanya satu barisan jika sholat berjamaah. Mereka yang mayoritas adalah muslim asal Pakistan,menyediakan tempat berwudhu bagi jamaah yang letaknya di depan rumah mereka. Karena sangat damai dan sunyi, suara muazin yang mengimandangkan adzan tak butuh pengeras suara.
Informasi  dan administrasi masjid ini dipengang oleh “The Trustees” dengan alamat kantor 8/F, Masjid Ammar Wan Chai-HK  (852-2838 9417) atau E-Mail trustees@netvigator.com

***
MASJID AMMAR-WAN CHAI

Masjid Ammar & Omar Ramju Sadick Islamic Centre –atau lebih dikenal dengan nama Masjid Ammar Wan Chai– merupakan salah-satu dari lima masjid besar di Hong Kong di bawah naungan “The Incorporated Trustees of The Islamic Community Fund of Hong Kong”(The Trustees).

Nama masjid diambil dari nama pendirinya, seorang muslim asal India, yang juga Ketua Islamic Union of Hong Kong (IUHK) pada waktu itu yang telah wafat tahun 1976. Pendirian masjid merupakan gagasan IUHK (kini diketuai A. Muhaimin Karim) untuk menggantikan masjid yang sudah pernah dibangun di daerah Wong Nai Chung, Happy Valley, Causeway Bay.

Masjid Ammar resmi berdiri pada 16 Dzulhijah 1401 H/14 September 1981 di 40 Oi Kwan Road, Wan Chai. Letaknya di sebelah kanan greja Baptish Oi Kwan Social Sevice dan di depan sekolah Tang Shiu Kin Victoria Government Secondary School. Ketua Masjid Ammar yaitu A.R. Suffiadi .

Berbeda dengan masjid di wilayah lainya, Masjid Ammar merupakan simbol kekuatan syiar Islam di daerah Wan Chai yang merupakan wilayah bisnis dan perkantoran terpadat setelah Causeway Bay dan Central.

Wan Chai dikenal sebagai daerah”red zone”oleh warga HK baik petugas polisi maupun penduduk biasa ataupun pendatang, karena disini banyak tempat maksiat,  seperti diskotik dan hotel, penginapan, pelacuran, dan menjadi markas anak-anak tomboy.

Berdirinya Masjid Ammar seperti air surga di gurun neraka, menjadi pelindung, penyejuk, dan penyelamat bagi jiwa yang mencari hidayah-Nya.

Masjid Ammar memiliki bentuk bangunan yang tidak seperti masjid (luas), namun lebih mirip apartement delapan lantai. Masjid ini memiliki menejemen yang solid dan organisasi muslim yang aktif berkegiatan dan memilki relawan dari berbagai suku bangsa yang terdiri dari muslim lokal dan pendatang.

Organisasi yang aktif di masjid ini yaitu Islamic Union of Hong Kong (UIHK) dan Hong Kong Youth Association, serta organisasi muslim Buruh Migran Indonesia (BMI) HK.

Masjid Ammar memiliki banyak program dalam mensyiarkan Islam, baik melalui pendidikan agama, buku, maupun seminar. Acara itu terbuka tidak hanya bagi umat muslim, namun juga bagi non-muslim dengan tujuan agar dapat lebih mengenalkan ajaran Islam.

Dengan cara membuka diri seperti itu, sangat efektif selain mengubah citra Islam yang selalu dinegatifkan oleh pemberitaan media Barat. Banyak peserta seminar yang masuk Islam setelah mengetahui ajaran rahmatan lil alamin ini.

Meskipun melalui proses panjang, mereka yang tertarik mempelajari boleh bertanya lebih banyak kepada pengurus. Peminat keislaman juga bisa mengunjungi perpustakaan yang ketuanya fasih berbahasa Kantonis dan Inggris yang siap menjelaskan semua pertanyaan dari calon mualaf. Rata-rata pertanyaan tentang siapa pencipta alam, apa tujuan kita hidup, dan ke mana kita kembali, lalu siapa itu Nabi Isa, apa bedanya dengan Allah.

 Lantai dasar masjid merupakan sekolah TK muslim. Lantai 1 tempat wudhu bagi jamaah pria dan wanita yang terpisah. Lantai 2 tempat shalat bagi jamaah pria dan lantai 3 bagi jamaah wanita yang keduanya di lengkapi AC serta mampu menampung sekitar 600 jamaah.

Lantai 4 merupakan kelas bagi para anggota jamaah masjid yang ingin belajar Al-Qur’an dan bahasa Arab. Lantai 5 merupakan kantin yang menyediakan “dim sum”juga aneka masakan cina yang dijamin halal.
Lantai 6 adalah ruang seminar dan bersebelahan dengan perpustakaan yang menyediakan Al-Qur’an, tajwid, syariah, dan biografi Nabi Muhammad SAW dari berbagai penulis muslim, juga menyediakan buku dengan berbagai bahasa, termasuk buku bagi anak-anak yang mengajarkan basic pembelajaran iman, ibadah, dan sholat.

Lantai 7 adalah kantor UIHK dan ruang konferensi, klinik, dan ruang rapat. Lantai 8 kantor pengurus masjid (The Trustees) dan ada balkoni tempat biasanya anggota jamaah berlatih olah raga dan Thaici pada hari biasa, namun pada hari minggu digunakan sebagai tempat makan, bercengkrama para kawan BMI HK yang berlibur.

Selain aktif melakukan program di HK, komite masjid juga peduli pada perkembangan Islam dunia. Mereka mengirim relawan dan dana bantuan saat bencana tsunami Indonseia, banjir Pakistan, dan mensupport perkembangan Islam di Macau dan China.

The Trustees selain menanungi koordinasi 4 masjid di HK, juga menyediakan dua pemakaman dan pemandian umum bagi Muslim yang meninggal, yaitu di daerah Happy Valley dan Chai Wan.

Masjid Ammar Wan Chai
Alamat : 1/8 Oi Kwan Road, Wan Chai, Hong Kong
Tlp: (852)28389417 (Office)
e-mail:trustees@netvigator.com
Perputakaan (852)28920223, Kantin (852)28348211
UIHK (852) 25752218


Semua catatan tentang masjid di Hong Kong ini juga di muat di website DDHK(www.ddhongkong.org).
Masih ada dua masjid yang belum sempat saya tulis,yaitu masjid Stanley dan Chai Wan-HK.InsyaAllah nyusul ^_^

Semoga bermanfaat.

1 comment:

  1. Assalamu alaikum warohmatullahi wabarakatu.
    Saya ingin berbagi cerita siapa tau bermanfaat kepada anda bahwa saya ini seorang TKI dari johor bahru (malaysia) dan secara tidak sengaja saya buka internet dan saya melihat komentar bpk hilary joseph yg dari hongkong tentan MBAH WIRANG yg telah membantu dia melalui jalan togel menjadi sukses dan akhirnya saya juga mencoba menghubungi beliau dan alhamdulillah beliau mau membantu saya untuk memberikan nomer toto 6D dr hasil ritual beliau. dan alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus dan menang RM.457.000 Ringgit selama 3X putaran beliau membantu saya, saya tidak menyanka kalau saya sudah bisa sesukses ini dan ini semua berkat bantuan MBAH WIRANG,saya yang dulunya bukan siapa-siapa bahkan saya juga selalu dihina orang dan alhamdulillah kini sekaran saya sudah punya segalanya,itu semua atas bantuan beliau.Saya sangat berterimakasih banyak kepada MBAH WIRANG atas bantuan nomer togel Nya. Bagi anda yg butuh nomer togel mulai (3D/4D/5D/6D) jangan ragu atau maluh segera hubungi MBAH WIRANG di hendpone (+6282346667564) & (082346667564) insya allah beliau akan membantu anda seperti saya...






    ReplyDelete