Tuesday, January 3, 2012

Ayam Kecap HK-Style

Tulisan ini,saya peruntukan buat kalian yang suka makan ayam,gaulnya ayamer's kali yeh ? Berhubung sedang heboh lagi wabah flu burung,pada saat ini mayoritas pasar tradisional di Hong Kong(HK)tidak menyediakan ayam segar/baru dipotong,apalagi yang masih hidup.Semua toko ayam'clouse'entah sampai waktu yang belum bisa ditentukan.Bagaimana dengan daerah Anda?

By the way..bus way,semoga tidak terlalu lama wabah ini berlagsung,kasihan mereka yang mencari nafkah dari unggas yang satu ini.Okey,inti dari apa yang ingin saya tulis hari ini yaitu tips/resep membuat ayam kecap atau di HK terkenal dengan istilah'SIYAU KAI'.Ini sejenis masakan khas chinese,jika Anda berkunjung ke HK,sangat mudah menjumpai restoran yang menyajikan menu siyau kai.Biasanya digantung di depan toko,bersama bebek dan burung dara yang diolah dengan cara relatif sama.Nah,untuk tempat yang menjual siyau kai yang paling enak,meurut lidah saya itu di Wan Chai-HK side.

Baik,langsung saja.Silakan ambil pena dan buku,karena saya sudah praktek lama(praktek di dapur)dan menurut si boss,rasanya jauh lebih enyaaaak..

BAHAN :
1.Satu ekor ayam segar/fresh,cuci bersih,keringkan pakai tisseu,jangan buang lemaknya agar kulit ayam   mengkilat pas matang.
2.Dua iris jahe agak tebal,bawang putih(semua di plak..gitu pakai pisau)
3.Dark dan light soya sauce(merk KIMLAM GRADE-A)
4.Gula batu/rock sugar

CARA :
1.Panaskan wajan(usahakan pakai yang agak cekung),tumis jahe+bawang putih samapai harum,kemudian masukan ayam.Di balik hingga seluruh kulit ayam agak kekuning-kuningan.Matikan api,angkat ayam.
2.Masukan dark dan light soya sauce kedalam wajan tadi(light=1/4,dark=1/8 dari ukuran botol).Tambahkan air,kira-kira agar ayam tertutup setengah badan.Masukan gula batu,didihkan sambil kita cicipi agar tidak terasa terlalu asin,bisa ditambah gula batu lagi hingga rasanya pas.
3.Kemudian masukan ayam,putar menggunakan sumpit,atau siram-siram kuah tersebut ke ayam,jangan hanya didiamkan karena kulit ayam bisa rusak,masak sekitar 45 menit atau hingga kuah mengental dengan api sedang.Nah,jika air sudah menyusut maka ayam akan terlihat mengkilat,karena pengaruh gula dan soya sauce tadi.Untuk meyakinkan bahwa ayam sudah matang,boleh tusuk pakai sumpit,jika tidak berdarah dan empuk,berarti sudah matang.
4.Tiriskan ayam di atas nampak/piring sebelum di potong sesuai selera.
5.hidangkan bersama nasi putih,dan kuah soya sauce/siyau tadi boleh di tambahkan jika suka.

Selamat mencoba ^_^

No comments:

Post a Comment