Transportasi di Hong Kong
Hong Kong (HK)merupakan pusat transportasi penting di Asia Tenggara.Negara yang mudah dilalui dengan pilihan alat transportasi.Ada tiga departemen pemerintahan yang bertanggungjawab untuk transportasi udara,darat dan laut.
Departemen Penerbangan/Civil Aviation Department(CAD)
CAD bertugas untuk menyediakan HK dengan sistem keamanan dan efisien penerbangan.Tugasnya yaitu menjamin efisiensi dan standar maksimal dalam keamanan menejemen sistem lalu-lintas udara.Kecelakaan lalu-lintas udara akan membawa malapetaka besar.Dengan kesadaran itu CAD bertugas untuk membangun keselamatan,perawatan dan cara terbaik mengatur arus lalu-lintas melalui informasi penerbangan di wilayah HK.Airport HK pertama dibangun sekitar tahun 1925 dengan nama Kai Tak Airport di daerah Kowloon-side HK,kemudian sekarang pindah ke daerah Lantau Island dengan nama Chek Lap Kok Airport-HK,sesuai dengan nama pulau yang telah di jadikan airport tersebut.Namun demikian ada sebagian aktifis mahasiswa Hong Kong University(HKU) yang mengusulkan agar nama tersebut diganti dengan nama bapak pahlawan HK yaitu Dr.Sun Yat Sen,tapi masih belum terealisasikan.
Dalam tahun 2010 sekitar 153.277 penerbangan mendarat di HK,dimana sekitar 153.257 penerbangan ‘take off’dari HK.Tahun 2011 ada beberapa kecelakaan kecil di penerbangan HK yang tidak diumumkan.CAD sekarang ini menijau ulang tentang mekanisme pengumuman/berita tentang kecelakaan dalam penerbangan.CAD menyatakan akan mengajukan usul sistem pemberitahuan kecelakaan,penyebab dan penyelesainya.CAD masih mendiskusikan itu dengan sektor industi penerbangan yang lainnya.Beberapa dari lembaga tersebut mengkhawatirkan laporan/pengumuman kecelakan itu akan merusak reputasi perusahaan penerbangan.Untuk itu,sistem yang baru tidak akan mencantumkan nama perusahaaan penerbangan terkait.Bagaimanapun,para ahli berkeyakinan nama itu harus diberitahukan untuk meningkatkan transparansi dan fasilitas ‘pulic monitoring’.
Departemen Jalur Darat/Highways Departement(HD)
HK dikenal dengan kesibukan arus lau-lintas daratnya.HD bertujuan untuk mengembangkan dan mengatur arus jalan HK termasuk rencana pelaksananan pembangunan ‘railways’/kereta sesuai dengan standar kelas dunia.Dimana juga diharapkan bisa mempertinggi kemakmuran negara dalam waktu yang panjang dan memajukan standar hidup.HD bekerja sesuai ketentuan pembangunan yang telah direncanakan pemerintah HK, mengikiuti kebutuhan penduduk dan kebutuhan transportasi.HD juga dilengkapi dengan kualitsa teknik pendukung untuk rencana,design,konstruksi dan pembangunan’network’jalan.
Salah-satunya sekarang pembangunan Hong Kong-Zhuhai-Macau Bridge(The HKZM Bridge).Rencananya,jembatan ini bisa beroprasi sekitar tahun 2016,dan kemacetan harian sekitar9.200-14.000 kendaraan bisa diantisipasi.Pembangunannya sudah dimuali sejak Desember 2011.
Adapun jenis kendaran darat HK diantanya kereta,bus,mini bus/sejenis angot,taxi motor dan tram/mobil listrik atau sering disebut teng-teng dalam bahasa kantonis disebut tin che.Untuk kereta jalur luar KCR(Kowloon Canton Railway)beroprasi di sebagian besar daerah New Teritorries(NT)dan berakhir di perbatasan wilayah Kowloon-side.Sekarang penumpang tidak perlu keluar stasiun kereta untuk menuju HK-side,cukup ganti kereta bawah tanah/MTR(Mass Train Railway) dari Kowloon Tong stasiun.Jenis bus (pasi b.kantonis)pada umumnya seperti di Singapura,ada yang satu lantai ada juga’ double deck’ dengan berbagai pilihan sesuai dengan daerah tujuan.Untuk mini bus/angkot atau biasa dipanggil siu pa ada warna hijau dan merah,tapi mayoritas berwarna hijau di dareah NT.Sedangkan motor,tidak beda jauh dengan Indonesia bedanya ada box dibelakangnya,mungkin sejenis mini bagasi.Lalu tram/tin che hanya ada di HK-side,beroprasi dari Sheung Wan District hingga Nort Point District,ini alat transport termurah di HK,sekitar$ 2.30 Cent untuk satu kali naik baik itu jauh atau dekat.
Departemen Kelautan/Marine Department(MD)
Victoria Harbour/pelabuhan Victoria adalah satu aset terpenting HK,dan memiliki peran penting dalam kemajuan transportasi laut HK.MD bertugas mempromosikan pelayanan sarana laut yang terbaik.Tujuan utamanya yaitu memberikan keamanan pada masyarakat yang menggunakan transportasi laut.Para ahli mencurahkan pengetahuan dan profesioanalisme mereka untuk memberikan perlindungan pada pekerja dan penumpang kapal laut/ferry.Jika ada kecelakaan terjadi dalam transportasi laut,maka MD ini bertanggungjawab atas pencarian dan penyelamatan korban.MD merespon secara langsung untuk semua masalah kelautan HK yang mereka terima dari coordinator pusat.
Ferry /perahu ferry adalah alat transportasi laut yang sangat penting bagi masyarakat HK.Untuk hal ini MD bekerjasama dengan pihak imigrasi/Immigration Department(ID)dan perusahaan ferry untuk memastikan efisiensi dan keselamatan oprasional perahu/ferry.MD juga mengurus kecelakaan tumpahnya minyak di pelabuhan HK,dan dilengkapi servis yang efektif untuk pemungutan sampah dari kapal lokal.
Organisme laut sangat penting untuk ekosistem,pihak MD memastikan pelabuhan HK ramah lingkungan.Untuk pelabuhan ferry ,bisa ditemukan di daerah Kowloon Side-Tsim Sha Tsui yang menghubungkan ke wilayah’ HK-side district’seperti Central,Wan Chai,Sheung Wan.Juga wilayah ‘mainland’seperti Macau.Sarana ini juga menjadi pilihan alternatif yang murah dibanding menggunakan MTR.
Luas negara Hong Kong hanya seperti Jakarta,bahkan kurang mungkin.Tapi berkat mekanisme transportasi yang canggih dan efisien,kemacetan bisa teratasi.Meskipun semua sarana transportsai HK akan sesak/padat pada hari libur dan jam pulang/berangkat kantor.
No comments:
Post a Comment